RESERVASI
HOTEL GROUP di KAWASAN SEMARANG
Akhir-akhir
ini, penggunaan teknologi sebagai sarana mediasi dengan dunia luar makin sering
diterapkan. Salah satu contohnya adalah penggunaan internet sebagai mediasi
produk ataupun jasa secara online melalui fasilitas web. Internet dianggap
sebagai salah satu jalan marketing terbaik dan termurah untuk mempublikasikan
produk atau jasa suatu perusahaan ke seluruh dunia. Selain itu, internet juga
dapat digunakan sebagai media transaksi atau pemesanan barang dan jasa secara
online. Salah satu usaha yang sering melakukan publikasi dan melaksanakan
proses bisnisnya melalui internet adalah travel agent. Dengan menggunakan suatu
Sistem reservasi berbasi web, segala proses bisnis pada reservasi dapat
dilakukan dengan cepat, mudah dan akurat. Masyarakat dunia juga dapat mengakses
sistem tersebut secara online melalui internet.
Dengan
adanya Hotel Group ini parwisatawan dari luar kota Semarang di permudah dalam
penginapan , dengan adanya reservasi hotel dengan cara online maka para
wisatawan dipermudah dalam mengakses dalam memilih hotel yang akan di kunjungi.
Dengan adanya kemudahan ini , maka para wisatawan mendapatkan kenyamanan dalam
liburan mereka di Kota Semarang. Dengan potensi pariwisata di Semarang yang
sangat pesat maka Saya mendirikan Hotel Group sebagai usaha bersama di bidang hotel bertaraf
nasional. Hotel yang bergabung di Hotel Group ini adalah Amaris, Ciputra,
Daffam, Grand Candi, Grasia, Horison, Ibis, Novotel, Santika, dan Santika
Premier dari 10 hotel yang bergabung pada
Manuhev Hotel Group. Dengan adanya hotel yang
bergabung di group kami maka hotel akan dipermudah dalam pemasukan dan
pengunjung.
Alur dan Mekanisme System Reservasi Hotel
Berbasis Web
1.
Untuk
pemesanan hotel berbasis web / reservasi secara tidak langsung, hal yang
pertama yang dilakukan oleh user / tamu adalah memilih nama hotel yang akan
dipesan dengan menggunakan
memasukkan Card Member yang dimiliki pemesan
2.
Setelah
tamu memilih hotel, maka tamu akan dibawa masuk ke dalam form pendaftaran untuk
mengisi form reservasi, yang akan diterima oleh bagian reservasi.
3.
Setelah
itu bagian reservasi akan memeriksa dan mengkonfirmasikan kepada bagian
reservation staff pada hotel yang bersangkutan dengan mengirimkan data
reservasi tamu melalui email, telephone, atau faximile.
Untuk masalah harga untuk setiap kamar pada hotel – hotel biasa telah diberikan
contract rates pada halaman Web dan terkadang untuk beberapa hotel memberikan
diskon pada hari-hari tertentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
4.
Setelah tamu tersebut mengisi form
pendaftaran maka tamu tersebut akan mendapat balasan berupa confirmation letter
bias melalui email, telepon atupun yang lainnya sesuai data inputan tamu pada
form reservasi yang menyatakan bahwa tamu harus membayar sejumlah uang sebagai
uang muka dengan ketentuan 10%.
5.
Dan setelah tamu melakukan pembayaran, maka
tamu melakukan confirmasi dan dengan demikian tamu dinyatakan sah.
6.
Pembayaran
dapat dilakukan di Bank dengan
menunjukkan Card Member yang telah dimiliki dan mengisi PIN yang ada di dalam
Card Member.
7.
Anda
baru dapat mengisi data untuk melakukan reservasi hotel.
8.
Kamar /
ruangan yang Anda pesan siap untuk di Check In sesuai jadwal.
Desain Website
Desain Interface Home
Desain Interface Form Reservasi
Desain pemilihan Hotel
Desain
Member Card
ERD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar